Berita Kampus

DIKLAT PENINGKATAN KUALITAS DOSEN SESI I

24 October 2018 | Posted by Admin | Bagikan Halaman Ini

DIKLAT  PENINGKATAN KUALITAS DOSEN SESI I

Info kampus. Sebagaimana telah termaktub dalam UU nomor 14 tahun 2005 dan PP nomor 37 tahun 2009, bahwa setiap dosen adalah pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan kewajiban penelitian, setiap perguruan tinggi dituntut untuk memiliki dosen yang kompeten yang mampu melaksanakan penelitian mulai menyusun proposal, mendesiminasikan hasil penelitiannya dan pada akhirnya dapat menghasilkan berbagai proses dan produk sosial dan budaya yang berujung antara lain HAKI dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa, sehingga untuk mencapai tujuan penelitian, hal demikian terus dan harus dilakukan secara professional dengan prinsip-prinsip akuntabel, transparan dan mengacu kepada sistem penjaminan mutu penelitian.

Tanpa terkecuali STAI Syekh Manshur Pandeglang sebagai perguruan tinggi Islam, memberikan kesempatan bahwa setiap dosen dituntut selalu proaktif dan kreatif merangkai ide dan masalah yang akan dijadikan topik penelitian yang pada akhirnya disusun dalam sebuah proposal penelitian. Untuk melatih sekaligus memfasilitasi para dosen untuk selalu berkarya dengan penelitian dan pengabdiannya melalui penyelenggaraan Diklat untuk peningkatan kualitas  dan daya kompetisi penelitian bagi Dosen.

Diklat sesi I yang telah diikuti oleh 20 dosen sebagai peserta dengan narasumber Dr. H. Ari Hasan Anshori,M.Pd., M.Pd.I yang menyajikan tatacara penyusunan proposal dengan menggunakan metodologi kuantitatif, dan bahasan metode kualitatifnya disampaikan oleh Dr. Ahmad Baihaki, M.Hum, sedangkan  untuk bahasan PTK disampaikan oleh Drs. Sayata Jaka Santosa, M.Pd., ketiga narasemuber telah menyampaikan sesuai spesifikasi penelitian dengan arahan bagaimana membuat proposal mulai dari merenungkan ide dan gagasan, membuat judul, membuat abstrak, latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan masalah secara spesifik dan tajam. Menurut Ketua STAI Syekh Manshur, Dr. M.Noor Anzali, MPd,  “Diklat sesi I ini diperuntukkan bagi Dosen agar selalu belajar sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Islam  dalam melaksanakan Tri Dharma, yang salah satunya bidang penelitian agar dapat menyusun proposal yang baik dan mendapatkan hibah Diktis”. Dipertegas lagi oleh sekjend Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M),  Aat Royhatudin, M.Pd.I bahwa setiap dosen mempuyai peluang mendapatkan hibah dari Diktis melalui persaingan yang sangat kompetitif sehinga Diklat sesi I ini menjadi langkah awal untuk dosen selalu bergairah dalam melakukan penelitian. 

Diklat  sesi I ini akan berlanjut kepada Diklat sesi II yang akan  disiapkan oleh P3M sebagai implementasinya kepada setiap peserta,  yang tentu saja akan didampingi oleh reviewer nasional, Dr. Yanwar Pribadi Ph.D, dalam diklat selanjutnya reviewer akan didjelaskan bagaimana penyusunan proposal sesuai dengan kaidahnya sehingga proposal penelitian agar layak mendapatkan hibah biaya penelitian serta pihak P3M akan memantau pelaksanaan penelitian, seminar sampai dengan penerimaan sebagai artikel jurnal ilmiah bertaraf nasional. (Aat/p3m)