Berita Kampus

PERINGKAT AKREDITASI TERBARU “B” DIPEROLEH PRODI PAI STAISMAN

15 October 2017 | Posted by Admin | Bagikan Halaman Ini

PERINGKAT AKREDITASI TERBARU “B” DIPEROLEH  PRODI PAI STAISMAN

Peringkat akreditasi terbaru Program studi Pendidikan Agama Islam  (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Manshur  (STAISMAN) Pandeglang meningkat menjadi “B” berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2573/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017. Mungkin banyak orang beripikir betapa hebohnya STAISMAN dengan hasil yang seperi itu. Bila dibandingkan dengan Program Studi  sejenis yang memperoleh peringkat serupa, terkesan biasa-biasa saja. Bahkan yang lebih dari itu (“A”), juga biasa-biasa saja. Seandainya mereka sesumbar “Kami adalah perguruan Tinggi terbaik”, itu sangat wajar. Memang begitulah faktanya. Saat ini bukanlah perkara sulit  mengetahui  apakah PT atau prodi bermutu atau tidak. Cukup klik situs BAN-PT untuk mengetahui Peringkat Akreditasi dengan alat ukur yang tidak diragukan lagi tingkat validitas dan reliabilitasnya.

Tetapi lainnya halnya dengan Prodi PAI STAISMAN. Bagaimana tidak, ketika Kemenristek Dikti mendaulat BAN-PT menjadi “algojo” untuk mengeksekusi pembekuan 1.882 Prodi dari 24 ribu lebih di penghujung  2016, Prodi PAI STAISMAN mengajukan  reakreditasi yang sedianya kadaluarsa pada 2019. “Berani-beraninya Kaprodi PAI, Pak Subekhan, M.Ag menantang maut. Menantang BAN-PT yang dijuluki malaikat pencabut nyawa bagi sebagian besar Perguruan Tinggi , “ ujar Anzali ketua STAISMAN dengan mengenakan batik abu-abu dengan motif merah dominan dalam  acara penyambutan asesor pada Visitasi Akreditasi Prodi PAI, 11 s/d 13 Juni 2017 yang bertepatan pada Bulan Suci Ramadhan.

Menurut Anzali lagi dalam sambutannya menandaskan bahwa STAISMAN dengan paradigma baru menganggap BAN-PT bukanlah malaikat pencabut nyawa yang banyak ditakuti oleh perguruan Tinggi yang kurang komitmen terhadap mutu. Tapi STAISMAN menganggap BAN-PT sebagai mitra Kesehatan organisasi dimana STAISMAN siap diaudit kapan saja. “Akhirnya saya atas Nama sivitas Akademika STAISMAN memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Reakreditasi dan sivitas akademika, dan tak lupa kepada para alumni yang telah berbagi sukses di sini yang  menjadikan makna tersendiri pada visitasi ini. Semoga Ramadhan memberikan berkah buat kita semua hingga kita memperoleh hasil yang lebih baik, ” pungkas Anzali.

Senada dengan Tabroni (Prof.Dr.H.Tabroni, M.Si-red), asesor BAN-PT berjas abu-abu dan kopyah hitam dalam sambutannya menandaskan bahwa beliau memberikan apresiasi kepada STAISMAN yang melakukan reakreditasi yang mana hal ini jarang dilakukan Perguruan Tinggi Swasta. “Semoga Ramadhan ini memberikan berkah buat kita semua dengan harapan nilai reakreditasi ini meningkat,” , yang diamini segenap sivitas akademika STAISMAN.