Berita Kampus

STAISMAN AKHIRI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (K2N) DI KECAMATAN JIPUT

06 March 2018 | Posted by Admin | Bagikan Halaman Ini

STAISMAN AKHIRI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (K2N)  DI KECAMATAN JIPUT

Alhamdulillah, ucapan rasa syukur  terdengarn pada acara penutupan dari 98 Peserta  Kuliah Kerja Nyata (K2N) STAISMAN yang  berlangsung sebulan penuh, dari 26 Januari sampai dengan 26 Februari 2018. Tampak Ketua STAISMAN, Anzali yang didampingi ketua P3M yang sekaligus ketua panitia (Dr. H. Hasan Anshori, M.Pd.I, M.Pd), sekretaris (Asep Budi, M.Pd) dan unsur panitia, supervisor, dan segenap aparat Kecamatan Jiput yang dipimpin Sekretaris Kecamatan (Subina, SE, MM) .Model K2N  periode kali ini berbentuk Tematik dan pertama kali diterapkan STAISMAN melalui konsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) , baik dalam penentuan (lokasi) maupun penentuan garapan. Adapun tema K2N periode ini adalah Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui KKN Tematik untuk mendukung Peningkatan IPM Kabupaten Pandeglang.

 

Acara diawali dengan loka karya yang disampaikan oleh Burhanuddin semester 7 Prodi PAI sebagai Koordinator Kecamatan (Korcam). Dalam paparan singkatnya, Burhan mengemukakan rangkuman temuan-temuan lapangan (field findings) dari 13 kelompok pada tiap-tiap desa. Adapun field findings tersebut, baik berupa kekuatan (strength) sebagai komponen yang potensial maupun kelemahan (weakness) sebagai permasalahan yang berkembang menjadi suatu fonemena yang datang dan pergi tanpa adanya solusi. Oleh karena itu peserta K2N memberikan suatu formulasi (rumusan) efektif sebagai alternatif solusi yang dapat meruduksi (mengurangi) bahkan mengeliminir (menghilangkan) sama sekali akar permasalahannya. Dengan demikian potensi di Jiput yang terkenal dengan keasrian alamnya dapat tumbuh dengan baik menjadi peluang (opportunity) yang sekaligus menihilkan ancaman (Threat) dalam upaya menggapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat setempat.

 

Dalam laporannya, ketua panitia, Ari mengemukan bahwa K2N yang dilakukan mahasiswa ini merupakan identifikasi kondisi obyektif kecamatan Jiput yang dikemas secara ilmiah dan dirumuskan menjadi isu-isu strategis yang akan dibawa ke BAPPEDA sebagai masukan-masukan berharga dalam upaya merumuskan kebijakan program Pemerintah Kabupaten Pandeglang ke depan untuk Kecamatan Jiput.

 

Di sisi lain , Subina dalam penyerahan peserta mengungkapkan bahwa Jiput diibaratkan bagai kembang desa yang belum tersingkap keelokannya. Banyak wisatwan memilih destinasi wisata lain karena keterbatasan infra struktur utama, terutama jalan disamping penataan obyek destinasi wisata. Menyambut penerimaan kembali peserta K2N oleh Sekretaris Kecamatan, Anzali menyatakan Mengingat Jiput merupakan lokus K2N yang sudah keudua kalinya, yang mana pelaksanaan awal pada 2010. Dengan mempertimbangkan asas kesinambungan, maka kita ikat Jiput sebagai wilayah binaan (Desa Binaan) STAISMAN. Oleh karena itu kemajuan Jiput merupakan kemjuan STAISMAN juga. (Tim Humas)