Berita Kampus

Staisman Laksanakan Program Kesejahteraan Mahasiswa

18 March 2018 | Posted by Admin | Bagikan Halaman Ini

Staisman Laksanakan Program Kesejahteraan Mahasiswa

Untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global tanpa mengabaikan kearifan lokal (local genius), perlu diberikan keterampilan,  baik dalam bentuk perkuliahan ( hard skill)  maupun kegiatan non-akademik (soft skill, seperti penguasaan IT, komunikasi, dan lain-lain) kepada mahasiswa agar dapat berperan secara optimal bagi pribadi, masyarakat, dan bangsanya di masa mendatang. Kedua keterampilan tersebut seyogyanyalah menjamin kehidupan lulusan yang sejahtera, baik yang dapat dirasakan secara langsung ataupun di masa mendatang.

 

Dua bulan yang lalu, tepatnya pada 13 Januari 2018 telah dilaksanakan workshop jurnalistik berbasis online. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAISMAN dengan Kementerian Agama RI sebagai penyandang dana penyelenggaraan sebesar 50 juta  Rupiah. Dana penyelenggaraan ini berupa hibah kemahasiswaan tahun anggaran 2017 yang diperoleh melalui pemenangan seleksi proposal Seluruh Perguruan Tinggi keagamaan Islam Swasta (PTKIS) se-Indonesia . Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa mempunyai  alternatif profesi selain menjadi tenaga pendidik.

 

Lebih lanjut lagi, untuk program kesejahteraan mahasiswa dengan manfaat langsung , STAISMAN juga memberikan, memfasilitasi, dan menyalurkan beasiswa kategori akademik dan non-akademik. Puncaknya adalah kepercayaan Kementerian Agama RI kepada STAISMAN sebagai salah satu dari 50 PTKIS Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Bidik Misi (PTP) 2017. Kerja keras ini mengungguli 714 PTKIS seluruh Indonesia dengan hasil penganugerahan beasiswa sebesar Rp.528.000.000 (lima ratus dua puluh delapan juta ) kepada 10 orang mahasiswa yang berlaku bagi mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 sampai delapan semester dengan ketentuan indeks prestasiminimal 3.00. Total penerima beasiswa pada kedua kategori tersebut berjumlah 35 orang.

 

Berikut ini adalah 25 mahasiswa lainnya yang penerima beasiwa dengan beberapa klasifikasi :

 

  1. Rp. 3.000.000 kepada 3 orang berupa beasiswa prestasi dari Kemenag RI klasifikasi mahasiswa berprestasi.
  2. Rp. 14 juta kepada 14 orang berupa voucher bantuan pendidikan STAISMAN klasifikasi mahasiswa miskin untuk 1 semester dengan jumlah nominal  Rp. 1.000.000; per mahasiswa.
  3. Rp. 4.000.000 kepada 4 orang berupa voucher pendidikan STAISMAN dengan klasifikasi tahfidz untuk 1 semester dengan jumlah nominal Rp. 1.000.000; per mahasiswa
  4. Rp. 2.000.000 kepada 2 orang berupa voucher bantuan pendidikan STAISMAN untuk klasifikasi juara pada event-event yang mengharumkan nama Perguruan Tinggi tingkat provinsi.
  5. Rp. 2.000.000 kepada 2 orang berupa voucher bantuan pendidikan dengan klasifikasi penyelesaian studi.
  6. Rp. 13.000.000 kepada 13 mahasiswa dari Bazda Kabupaten Pandeglang dengan klasifikasi beasiswa miskin berprestasi.

 

Untuk menyempurnakan Program Kesejahteraan kemahasiswaan,  tepatnya pada Rabu, 14 Maret 2018, STAISMAN melaksanakan sosialisasi asuransi kecelakaan mahasiswa yang diperuntukan seluruh mahasiswa, baik aktif maupun yang non aktif. Mereka diberikan informasi tentang manfaat asuransi dan prosedur melakukan klaim kecelakaan. Hal ini dimaksudkan  apabila mahasiswa mengalami musibah atau teman sekampusnya dapat segera tertangani sehingga  cepat pulih untuk melaksanakan tugas studinya. Dengan harapan upaya yang demikian ini akan  mengurangi beban orang tua. (Tim Humas/diintisarikan dari laporan perkembangan STAISMAN 2017).